Tips Memilih Laptop Second

Mungkin banar kata pepatah, "Gak kenal maka tak sayang. tak sayang maka tak cinta" tetapi dalam dunia komputer. "Gak kenal maka tak tahu. tak tahu maka kita tak kan pernah maju", sebelum membeli sebuah laptop, ato beralih dari sebuah PC ke Laptop. karena kebutuhan ataupun tuntutan jaman, ada baiknya kita kenalan dengan beberapa hal yang Penting dari sebuah Laptop..

Laptop pada saat ini dikelompokan menjadi Notebook dan Netbook.
Perbedaannya adalah Notebook berukuran lebih besar dan lebih berat ,prosesor minimal intel core atau dual core , LCD berukuran 14-17 inchi dilengkapi CD-Rom atau DVD-Rom.
Sedangkan netbook berukuran lebih kecil dan lebih ringan , prosesor max intel atom, LCD max berukuran 12 Inchi tanpa dilengkapi CD-Rom atau DVD-Rom.
secara hargapun Notebook lebih mahal daripada Netbook. Notebook biasanya dibanderol seharga 5-10 juta jika Netbook cukup dengan 3-4 juta. Tetapi secara fungsi memiliki kegunaan yang sama seperti mengetik , bermain game dan browsing internet dengan performance yang hampir sama.

Pada dasarnya, semua laptop adalah sama. Mengapa saya bilang demikian? Itu karena spesifikasi laptop, sama-sama menggunakan processor Intel atau AMD. Meskipun demikian, tetap kita harus selektif memilih merk laptop dengan baik. Berikut vendor-vendor laptop internasional diurut berdasarkan rangkingnya:

* Apple Macintosh
* Sony Vaio
* Toshiba
* Hewlett-Packard, Compaq
* Dell
* Asus
* Lenovo

Ketujuh laptop diatas adalah termasuk jenis-jenis laptop terpercaya. Namun, kita juga harus mengetahui kelemahan dan kelebihan masing-masing vendor.

* Apple Macintosh

Laptop ini menggunakan system operasi Macintosh. Kelebihan dari laptop ini adalah spesifikasi yang tinggi dan model yang elegan. Namun kelemahannya, laptop ini sulit sekali didapati di kota-kota kecil. Selain itu, harga yang ditawarkan juga cukup tinggi. Juga Sistem Operasi yang digunakan laptop ini memiliki cara kerja yang rumit. Sangat tidak dianjurkan memilih laptop ini apabila masih dalam status amatir.

* Sony Vaio

Kebanyakan dari Laptop Sony Vaio memiliki Sistem Operasi paket langsung di laptopnya. Maksudnya, rata-rata dari laptop ini sudah ada Genuine Windowsnya. Selain itu, Laptop ini memiliki design yang menawan, performa yang tinggi, dan spesifikasi yang lengkap. Sama seperti Apple, Sony Vaio cukup menguras budget. Untuk mendapatkan spesifikasi standart, Anda harus merogoh kocek sekitar 15 juta rupiah. Tetapi, laptop ini sudah banyak dijumpai di kota-kota kecil.

* Toshiba

Bisa dikatakan Toshiba adalah Laptop Bagus Yang Ekonomis. Bagi Anda yang ingin mempunyai laptop bagus yang ekonomis, Toshiba bisa menjawab. Mengapa Toshiba terkesan murah? Kebanyakan dari Toshiba tidak disertai Sistem Operasi bawaan. Jadi Anda harus menginstalnya sendiri. Kelemahan dari laptop ini adalah rata-rata design adalah design yang klasik. Maksudnya berbentuk kotak. Sudah banyak beredar di pasaran.

* Hewlett-Packard, Compaq

Mungkin Anda bertanya-tanya, mengapa HP dan Compaq dijadikan satu di artikel kali ini? Itu dikarenakan Compaq merupakan bagian produksi dari Hewlett-Packard Company. Kelebihan dari Laptop HP (biasanya jenis pavilion) adalah model dan design yang elegan. Selain itu, tombol yang digunakan menggunakan sensor lampu. Tombol yang dimaksudkan adalah tombol untuk memperbesar volume, mengatur brightness, dan lain-lain. Kelemahan dari laptop ini adalah, kebanyakan terbuat dari logam. Sehingga terkadang memberikan efek setruman kepada Anda. Selain itu, performanya rata-rata tidak terlalu istimewa. Tetapi, masih dalam keadaan standart. Bisa dikatakan bahwa HP Pavillion adalah Laptop dengan Design yang keren. Sedangkan Compaq (biasanya Presario), performa yang ditawarkan rata-rata sangat istimewa. Kebanyakan laptop Compaq sudah menggunakan processor Core (walaupun terkadang ada juga yang Pentium). Kelemahan dari Laptop ini adalah modelnya yang klasik. Sehingga laptop ini tidak cocok untuk dibuat gaya. Bisa dikatakan bahwa Compaq adalah Laptop dengan Otak yang encer.

* Dell

Laptop ini merupakan laptop yang paling awet diantara semua. Laptop ini bisa bertahan hingga 6 tahun (hasil pakai yang terawat). Selain itu, performanya juga sangat istimewa. Harganya pun cukup terjangkau. Kelemahan dari laptop ini adalah jarangnya penggunaan VGA card pada laptopnya. Hal ini membuat para gamer tidak memilih laptop ini. Selain itu, bentuk dan desainnya jelek sehingga laptop ini terlihat lawas. Namun, jika tidak digunakan untuk gaya, kelemahan ini tidak akan jadi masalah bagi Anda.

* Asus

Laptop Para Gamer. Mungkin julukan inilah yang pantas disandang untuk ASUS. Hampir semua laptop ASUS dilengkapi dengan video card. Selain itu, hamper semua games direkomendasikan oleh ASUS. Jadi jika kamu gamer sejati, lebih baik memilih laptop ini. Kelemahan dari laptop ini adalah performa yang lambat. Jika digunakan untuk membuka program berat sejenis Corel dan PhotoShop seringkali terjadi hang. Sangat tidak cocok digunakan untuk pegawai kantoran. Karena akan mempersusah kerja Anda.

* Lenovo

Nama baru. Namun jangan diremehkan. Vendor yang satu ini, sama seperti Sony Vaio dan Toshiba. Namun jauh lebih murah lagi. Saya tidak berani berbicara banyak. Karena saya tidak pernah melakukan uji coba terhadap laptop ini.

jika sudah kenal dengan vondor2 laptop, maka kita langsung saja menuju penjelasan berikut >


TIPS MEMILIH LAPTOP SECOND



Beberapa laptop bekas/second ditawarkan dengan harga berbeda sekitar 30-40 % dari harga laptop baru bergantung pada umur dan kondisi laptop. Sedangkan Untuk laptop bekas dengan prosesor Pentium 4 biasanya ditawarkan pada kisaran 1-2 juta, jangan terkecoh dengan harga yang murah. sebaiknya anda membaca artikel ini agar anda tidak kecewa sesuadah anda membeli laptop Second anda..

1. Perhatikan Brand/Merek
Brand/Merek menjadi faktor yang harus anda perhatikan ketika membeli laptop bekas. Laptop bekas dengan brand/merek yang sudah cukup dikenal seperti acer, sony dan toshiba kemungkinan memiliki kualitas laptop yang cukup baik walaupun dalam kondisi bekas. Tetapi tidak menutup kemungkinan merek lain pun memilki kualitas yang sama. Brand/Merek pun berguna jika laptop anda bermasalah karena anda akan mudah untuk menemukan service centernya.

2 . Periksa baterai dan hardware
* Lihat casing laptop.Jangan terkecoh oleh tampilan laptop yang terlihat baik bahkan baru Casing yang baret/tergores menunjukkan laptop tersebut kurang dirawat. Tentunya hal ini mempengaruhi bagian dalamnya. Apalagi bila sampai retak berarti laptop tersebut sudah pernah jatuh. Kadang di beberapa toko komputer ada juga yang ‘menipu’ konsumen.

* Lihat layarnya. Apakah ada goresan yang parah, adakah pixel yang mati. Karena layar pada laptop merupakan bagian yang mahal harganya jika rusak.Perhatikan kualitas LCD dalam menunjukan kecerahan gambar,cobalah untuk mengatur kecerahan warna dari system setting LCD, karena jika bermasalah LCD merupakan hardware yang paling mahal

* Lihat keyboardnya. Keyboard untuk mengetik juga tidak kalah pentingnya, harganya pun lumayan mahal. Karena itu perlu di cek satu persatu apakah masih berfungsi. Demikian juga dengan tombol fungsi (FN) dan tombol-tombol shortcut lainnya.

* Cek baterainya. Baterai sangat penting digunakan pada saat berpergian, karena itu Anda harus mengecek baterai laptop bekas itu.Baterai yang baik memiliki umur selama 3-4 jam, jika kurang baik kemungkinan selama 1-2 jam dengan pemakaian ketik, baca dan mendengarkan musik.

* Cek Wifi, bluetooth, webcam dan card reader. Jika ada, tidak ada salahnya mengecek fitur standar laptop ini.

3 . Maksimalkan penggunaan Laptop
Jangan malu untuk memaksimalkan penggunaan laptop ketika anda sedang menawar. Hal ini berguna untuk mengukur kinerja laptop terhadap system operasi (Windows). Maksimalkan untuk membuka aplikasi sederhana seperti Microsoft office , winamp , WMP , corel dan photoshop. Perhatikan waktu loading ketika membuka aplikasi sederhana , jika waktu loading cepat berarti laptop berkondisi cukup baik namun jika tidak berarti laptop berkondisi kurang baik.

4 . Banyak bertanya atau ajaklah teman
Ada pepatah “Malu bertanya sesat dijalan” oleh karena itu banyaklah bertanya untuk mengetahui kondisi laptop , umur laptop dan kinerja laptop. Jika anda merasa malu untuk bertanya, ada baiknya anda mengajak teman yang mengerti tentang laptop jadi anda dapat sedikit berdiskusi dan meminta sedikit masukan. Kedua hal ini berguna sebagai bahan pertimbangan anda ketika akan membeli laptop.

5 . Mintalah garansi
Jika anda sudah merasa cocok dengan laptop yang anda iniginkan , jangan ragu untuk meminta garansi dari toko tempat anda membeli. Masa garansi toko biasanya hanya 3 bulan tetapi lumayan jika laptop anda bermasalah selama masa garansi karena laptop anda bekas bukan baru.

6 . Jangan ragu untuk mencari yang lain jika dirasa tidak cocok
I’ts easy to feeling…..perasaan anda mungkin saja bisa benar. Jika anda merasa kurang cocok atau ragu dengan laptop yang anda pilih jangan ragu untuk mencari tempat lain. Tentunya gunakan cara dan bahasa yang ketika anda akan mencari tempat yang lain jangan sampai menyinggung perasaan pemilik toko.

Semoga Bermaanfaat...

Penulis : Tirta Hardi Pranata ~ Tukang coret-coret di blog ini ~

Artikel Tips Memilih Laptop Second ini dipublish oleh Tirta Hardi Pranata pada hari Friday, August 20, 2010. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Tips Memilih Laptop Second
 

0 komentar:

Post a Comment