Anak Gunung Itu Juga Ikut Pramuka




Sedikit share... Anak Gunung Itu Juga Ikut Pramuka.  Iseng doank sih sambil nyate, eh nyantai..

Sebelum ke gunung saya ke pramuka dulu, yap dulu terpaksa ikut karena mau lomba LKBB.. tapi yaa seneng itu jadi candu, dan sampe sekarang saya masih kecanduan sama pramuka. Pramuka lah yang berpengaruh pada pribadi saya sehingga saya jatuh hati pula sama gunung.. Gununggggggg I LOP U.. haha ‪#‎lebay..

Ibarat kata pramuka itu adalah mak comblang yang mendekatkan saya sama gunung, yang sakarang jadi gebetan. Kalian pernah mendengar istilah "jika kalian ingin mengetahui watak asli teman kalian, ajaklah mereka berpetualang ke alam" yap.. alam akan menunjukan secara alamiah watak seseorang, termasuk watak diri sendiri. jika kalian tipe anak manja dan suka ngeluh, pasti sepanjang jalan kalian akan ngeluh terus meskipun itu hanya di gigit agas. ada pula yang egois dan gak mau berkorban, mau nya enak aja.. kalau digunung sih, gak mau bawa tas yang berat, maunya bawa tas ringan yang isinya barang2 pribadinya sendiri, maunya tidur di tenda yang bagus, pake sleeping bag yang hangat. kalau kena badai nangis, ngajak pulang,. nah itu egois.. tinggal di tendang aja ke kawah gunung.. ahahha becanda. tapi kita tidak membicarakan itu gaesss.. yang akan kita bicarakan adalah Rata-rata anak gunung itu dulu nya anak pramuka..

Bukan sombong apa lagi songong, banyak gunung yang sudah saya daki, banyak pula orang yang sama temui di gunung, dari sumatera sampai papua, bahkan dari bermacam negara. beda sama pramuka, yang tiap kemah ketemunya itu lagi itu lagi,. kecuali kalau perkemahan tingkat daerah atau nasional, baru lah bisa cuci mata, dulu sih sempat kenalan sama anak kerinci waktu prata 2010-2011 di suangi gelam. ‪#‎kalauyang ini beneran lhoo..  tpi kalau tingkat sekolah mah, buram, paling lihatnya anak SMA 2, SMA 1, Tini lagi, Arjuna lagi, Semi lagi, usup lagi, uci lagi..ahh, amad lagi, kak Jun lagi.. ‪#‎upss. hahahahaha

Kalau naik gunung, kita akan bertemu dengan orang2 yang berbeda dan itu sangat menyenangkan apa lagi bertukar cerita, termasuk cerita masa sma. Anak gunung yang kemampuan teknisnya mendakinya diatas rata-rata, kebanyakan anak pramuka. dapat dilihat dari kecepatanya memasang dan membongkar tenda, kemampuan navigasinya (kalau saya pake GPS sih. hahaha), membaca peta, arah angin, memprediksi cuaca, yang paling konyol adalah simpul menyimpul.. hahaha
suatu ketika saya pernah mendirikan tenda, dan ditanya sama kenalan baru yang saya temui di gunung, "wah, masnya pasti anak pramuka dulunya," dia bertanya sambil membantu saya bikin tenda, lalu saya balik tanya "kok tau,?", "lah itu tali temali tendanya, di pasang pake simpul2 semua" , saya cuma senyum2 ajaa.. karena yang nanya cantik sih.. tapi aku lupa namanya siapa.. -____-!! wkkwkwkwkw

Itu lah pramuka, identitas anggota nya tidak hanya dilihat dari simbol2 yang melekat di badanya, baju pramuka, baret, jengkol2nya, serta setumpuk TKK nya takan berarti apa2 ketika mereka tidak bisa mengaplikasikan apa yang diajarkan di pramuka pada kehidupan sehari-harinya. Simpul itu sederhana, tapi ia bisa menjadi identitas siapa orang yang membuatnya, meskipun saat itu pembuatnya hanya mengenakan kaos oblong.

Intinya apa yang kalian lakukan itu adalah identitas jatidiri kalian gaess. Apa artinya "tacipaparerahedibesu" yang selalu kalian ucapkan ketika latihan, namun di kehidupan sehari-hari kalian masih suka berkeluh kesah, tolak pinggang menyaksikan teman berjuang, apa lagi galau mikirin cinta monyet. . ah sudah lah, Mbk Cinta aja sabar kok nunggu mas Rangga, meski satu purnama di New York sama di Jakarta itu bedanya 12tahun.. masak kalian gak sabar sebentar aja nyelesaikan sekolah dulu, kuliah dulu, sukses dulu, baru kejar Cinta mu sampai ke Negeri Cina. (eh sekarang dah tayang di bioskop tuh film) 

masa muda mu masih panjang gaess, jika kalian ingin tau siapa orang pantas mendampingi mu hingga akhir nanti, biarkan alam yang menyeleksikannya untuk mu. Cinta sejati tak datang buru2 ia selalu memaksimalkan persiapanya sebelum benar2 meminang mu. seperti pendaki sejati yang takan rela menyakti alam meski ia memiliki pisau yang tajam, ia takan memotong sebatang pohon namun akan menanam pohon yang lain, agar alam yang ia cinta tetap lestari.. Cinta takan pernah merusak apa yang ia cintai. ‪#‎ITU.

berbahagialah kalian yang mendapat pendidikan kepanduan semasa kalian masih sekolah. sifat kalian masih dapat berubah, menjadi lebih peka terhadap kehidupan sosial, tahan banting, terbiasa bekerja keras, dan yang paling penting adalah kalian diajarkan untuk peka terhadap situasi, tanggap akan apa yang harus dilakukan, bukan Hadir di kala kemah hanya menjadi tim penggembira, tapi kalian hadir menjadi orang yang bermanfaat bagi tim. Gunung atau pramuka itu sama, intinya Disana senang disini senang, dimana pun kita senang-senang..
sekian..
yang mau coret2 silah kan dikomen yaa... 


Penulis : Tirta Hardi Pranata ~ Tukang coret-coret di blog ini ~

Artikel Anak Gunung Itu Juga Ikut Pramuka ini dipublish oleh Tirta Hardi Pranata pada hari Friday, December 12, 2014. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Anak Gunung Itu Juga Ikut Pramuka
 

0 komentar:

Post a Comment