SD Negeri 18 Kuala Tungkal

________________________________________________________________

SD 18

Disekolah ini untuk pertama kalinya aku mendapat pelajaran tentang pendidikan formal, sekolah yang sekarang megah berdiri bertingkat, dengan dinding beton lantai keramik, sekolah yang secara fisik telah jauh berbeda dari apa yang kulihat dan kurasakan 12 Tahun yang lalu. Dahulu hanya dinding papan  yang membatasi antar kelas, kelas berfasilitas sederhana, dengan kursi dan meja yang terbuat dari kayu, papan tulis kapur yang berdebu tepaku di depan kelas,  selain itu dinding berlobang di setiap sisi , dan plafon yang hampir runtuh menambah ornamen tau hiasan tersendiri di setiap kelas,, ada satu hal lagi yang Paling menyedihkan waktu itu WC  super busuk membuat siapa saja mungkin enggan duduk berlama-lama disana, hem meski secara fisik lebih baik dari pada SD MUHAMADIYAH Gantong tempat anak-anak laskar pelangi menutut ilmu. Namun semangat kami tak kalah hebat dengan anak-anak laskar pelangi..

Walaupun sederhana namun bagi ku inilah tempat yang Tuhan berikan  padaku. disini aku menemukan Ilmu, persahabatan dan  bahkan wanita yang sekrang menjadi bagian dari hidupku ternyata juga pernah menjadi salah satu murid disekolah ini. sungguh tak ku sangka.. Open-mouthed smile  semua berawal dari tempat ini, tempat dimana aku hampir 1 Tahun tidak pernah mengikuti upacara bendera, tempat di mana aku  sering kabur sewaktu istirahat pulang kerumah ataupun menguasi lapangan dengan bermain bola, namun aku juga pernah menjadi deretan murid terbaik di sekolah ini..

Heran..?? biasa aja tuh.. Jangan pandang aku dari sebelah mata. Aku bukanlah dewa ataupun manusia yang betah hidup monoton, aku ingin bebas, dan itulah diriku sewaktu kecil hingga sekarang. aku tak ingin terus-terusan dihukum berdiri di barisan depan sewaktu upacara dimulai, karena tidak mengenakan Topi ataupun dasi sewaktu upacara, aku juga bosan jika selalu berhadapan dengan pelajaran Matematika makanya tak jarang aku kabur dan menghabiskan jam pelajaran itu dengan bermain bola ataupun bermain GameBoy di kantin sekolah..

Namun orang tua ku cukup bangga denganku, hasil raportku gak pernah jelek, ya bisa di bilang aku selau ada di antara 5 orang terbaik dikelas ku, mulai dari kelas 2 hingga kelas 6. makanya orang tua ku santai saja menghadapi tingkah laku ku dulu, karena bagi mereka biarkan aku besar dengan cara ku, bukan dengan cara mereka. dan guru-guruku juga gak heran, karena sebagian besar dari mereka adalah teman Ayahku, jadi ya paling hanya sedikit penataran telinga. hehe, oya aku pernah mewakili sekolahku mengikuti turnament Olah raga usia dini se-kecamatan, aku mengikuti 2 cabang olah raga, yaitu Sepak bola dan Batminton, namun sayang di cabang sepak bola kami kalah, lantaran aku ditempatkan sebagai pemain belakang, padahal aku kan pemain bertipe penyerang,seperti Ronaldo.. hehe tapi gak perlu khawatir aku berhasil membawa tropi juara 3 di cabang batminton, meskipun aku hanya mendapat hadiah 2 lusin buku tulis dari sekolah itu sudah membuatku senang.. maklum namanya juga anak2.. Open-mouthed smile

Anak-anak

Oya asik cerita jadi lupa, Kenalan Dulu yuk sama sekolah ku,.. Sekolah ini berdirinya kapan ya? aku sih gak tau, aku belum menemukan Datanya.. ntar deh ku coba minta sama salah satu staf Tata Usahanya, yang kebetulan pacarku ku.. Tapi berikut adalah VISI dan MISI Sekolah Dasar Negeri 18/v Kuala Tungkal.

Visi

“Unggul dalam prestasi, bertaqwa, berbudaya, dan cinta lingkungan.”

Misi :

  1. Mencapai prestasi lomba tingkat gugus, Kecamatan, dan Kabupaten.
  2. Meningkatkan kinerja guru melalui media pengembangan diri sehingga memacu profesional diri.
  3. Melaksanakan kegiatan belajar mengajar dengan model PAIKEMI
  4. Hormat kepada orang tua, guru dan menyayangi teman.
  5. Memelihara lingkungan sekolah dan lingkungan tempat tinggalnya.
  6. Menjalin hubungan kerjasama dengan instansi terkait dan masyarakat.

Tahun 1997, Aku masuk di sekolah ini di kelas 1 tentunya, ya seperti yang aku sampaikan diatas kelas yang aku tempati ya begitulah,. Namun lihatlah sekarang, sekolah yang beralamat di jalan Jl. Panglima Cama, Kuala Tungkal, Jambi. Telah berdiri kokoh dengan gerbang yang setia dijaga satpam, kalau dulu sih gak, suka-suka saya keluar masuk lingkungan sekolah makanya tak heran kalau saya sering bolos, Fotonya gak bisa di uplud jadi liyat aja di blog sd18 ya..

emm Tak ada yang spesial dulu di sekolah ini, ya paling hanya bermain dan belajar dengan teman-teman yang membuat terasa sepesial,  karena tak ada yang sepesial inilah sekolah tak jarang melepas murid terbaiknya untuk pindah ke SD yang memiliki fasilitas lebih yaitu SD 5/v Kuala Tungkal, dan lagi-lagi salah satu murid terbaiknya adalah temanku SMP,. entah mengapa demikian aku gak tahu. Namun  SD yang sekarang di Kepalai oleh Ibu Nurita Ht.haean,S.Pd telah berkembang sangat pesat, dan menjadi salah satu SD favorit di Kuala Tungkal, Adik-adikku juga sekolah di SD ini, yang laki-laki sekarang sudah menjadi Alumni, yang perempuan sekarang masih duduk di bangku kelas 4.

Oya, SD ini memiliki kebiasan unik yang sering disebut dengan PEMBIASAAN.

Jadwal Pembiasaan di SD Negeri 18/V Kuala Tungkal, adalah :
-  Hari Selasa, Pembinaan Akhlak
-  Hari Rabu, Membaca Ayat-ayat Pendek
-  Hari Kamis, Membaca Asma'ul Husna
-  Jum'at, Olahraga dan Membaca Yasin
-  Sabtu, Gotong-royong

kalau zaman aku dulu sekolah ada hal beginian, yang ada cuma baris di depan kelas, kemudian perikasa kuku siapa yang kukunya n rambutnya panjang bersiap kena hukuman..

apa lagi ya. yang mau aku ceritakan, aku udah banyak lupa hal-hal mengenai sekolah ini maklum aku masa anak-anak kurang memperhatikan, namun aku ingin ngucapin terimakasih, kepada Segenap guru-guruku, PAk Inan wali kelas5 ku dulu yang tega-teganya memanggilku dengan sebutan “JOKO” Sad smile namun tak apalah berkat dia aku belajar banyak, dan belajar untuk berbagi dengan teman-teman yang lain. ibu Rohimah, hehe, ini muridmu yang sering bolos sewaktu les hehe, kayaknya saya cuma masuk 2 x deh. maaf ya buk. tapi tetap saya rangking 4 di kelas ibu.. Open-mouthed smile  Ibu Ariyani, ibu Farina, Ibu Rita Komala terimakasih ibu sampai sekarang masih sering menasehati saya,. N buat ibu-ibu n bapak guru yang lainya juga Trimaksih banyak ya…

Pada Tahun 2004 saya mengahiri petualangan kecil saya di tempat ini karena saya di nyatakan lulus UN dan siap untuk melanjutakn ke Sekolah Mengah Pertama.. Good Bye SD ku, sekarang aku kalau aku kembali kesana mungkintidak akan duduk dan medengarkan ibu atau bapa guru mengajarkan 1+2= 3 ataupun 3x3=9, tapi aku datang kemabli untuk menjemput ataupun mengantar adik yang masih sekolah disana atau juga mengantar Staf TUmu yang cantik itu.. haha.. udah ah. Bye-bye..

Blog Resmi SD N 18/v Kuala Tungkal

Penulis : Tirta Hardi Pranata ~ Tukang coret-coret di blog ini ~

Artikel SD Negeri 18 Kuala Tungkal ini dipublish oleh Tirta Hardi Pranata pada hari Friday, April 29, 2011. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 3 komentar: di postingan SD Negeri 18 Kuala Tungkal
 

3 komentar: