Mengganti Baterai UPS dengan AKI/Accu Motor

Udah lama gak nyoret-nyoret nih blog... Maklum lagi sibuk ngumpulin sebongkah berlian, hahaha. Oh iyaa, kali ini saya takan curcol lagi, rada males ngeblog isinya curcol, banyak stalker yang ujung ujunganya kepo... :/ Hari ini saya akan sedikit berbagi ilmu tentang mengganti baterai UPS dengan aki motor. 

Jika kalian pasti tau UPS (Uninterruptible Power Supply) atau alat yang digunakan sebagai backup energi listrik pada perangkat elektronik (biasanya di gunakan untuk komputer), UPS ini menggunakan baterai, sehingga ketika terjadi gangguan pada jaringan listrik alat ini dapat membackup sementara jaringan listrik tersebut agar perangkat yang terhubung tidak langsung mati..

UPS adalah salah satu alat yang sangat dan paling di butuhkan oleh perusahaan penyedia layanan jasa telekomunikasi, internet dan masih banyak lagi, karena perangkat yang digunakan tidak boleh mati atau terganggu akibat kerusakan jaringan listrik. Selain itu UPS di gunakan untuk melindungi perangkat elektronik dari kerusakan yang diakibatkan kegagalan dan kerusakan jaringan listrik,

UPS banyak tersedia di pasaran mulai dari harga ratusan - jutaan, bahkan ada yang ratusan juta, tergantung seberapa besar daya yang dimiliki UPS tersebut. Pernah lihat kasus korupsi UPS di Jakarta yang sempat heboh di media massa akibat perseteruan Ahok dan Haji Lulung,... Nah jangan sampai salah membedakan antara UPS dan USB kayak Haji Lulung yaak, malu maluiin ajaaah..

Banyak yang belum tau  kalau baterai UPS itu bisa di ganti dengan AKI atau ACCU, karena baterai UPS bawaaan cendrung akan mengalami kekurangan daya ketika telah lama dipakai, dari pada dibuang mending dimodifikasi,.. Menganti baterai UPS dengan AKI/Accu adalah salah satu cara meningkatkan daya pada UPS agar mampu membackup listrik lebih lama,.

Berikut saya berikan Tutorial Mengganti Batrai UPS dengan Aki/Accu motor. :D

Peralatan yang dibutuhkan.

  1. Obeng
  2. Isolasi
  3. kabel listrik
  4. Skun atau penyambung kabel
Caranya.
  1. Pastikan UPS kalian masih dalam kondisi dapat di gunakan, alias masih nyala saat di colokan ke listrik. Jika masih nyala berarti UPS dapat digunakan, silahkan lepaskan kembali colokannya.. pastikan UPS dalam kondisi off, agar tidak tersentrum sewaktu perakitan.
  2. Buka chasing UPS nya dengan menggunakan obeng.
  3. Didalam UPS kalian akan melihat rangkaian elektronik seperti ini,
  4. Rangkaian Elektronik di dalam UPS, maaf yaa batrai nya sudah saya copot
  5. Ada dua kabel yang terhubung dengan baterai bawaan ups,.
  6. Lepaskan kabel tersebut dari baterai, dan lepas batrai dari UPS agar tidak membuat UPS menjadi berat, toh baterai nya enggak di gunakan lagi.
  7. Kemudian sambung kabel yang terhubung dengan batrai UPS dengan menggunakan kabel listrik yang telah disediakan sebelumnya. lalu di isolasi agar tidak saling nempel biar gak konslet nantinya.
  8. Ini kabel yang terhubung dengan batrai dan sudah saya sambung
    dengan  kabel listrik untuk di hubungkan ke Aki
  9. Kemudian lubangi chasing UPS agar kabel tersebut dapat di keluarkan dan di hubungkan dengan AKI.
  10. nah ini chasing yang udah di lobangin, dan kabel udah di keluarin
  11. Sambungkan kabel tersebut pada aki, boleh aki mobil ataupun aki motor. 
  12. nah ini kabel yang terhubung sama AKI
  13. Setelah itu silahkan di coba, nyalakan UPS nya (tanpa di colokan ke listrik) jika ups nyala berarti anda telah sukses mengganti batrai UPS dengan AKI
  14. Jadi hasilnya seperti ini, 
  15. Rapikan pekerjaan kalian, setelah selesai, ups boleh di colokan ke listrik seperti biasa. :D
  16. Taraaaaa.. Jadi deh.. :D

Nah selamat mempraktikan, semoga sukses... :D

Penulis : Tirta Hardi Pranata ~ Tukang coret-coret di blog ini ~

Artikel Mengganti Baterai UPS dengan AKI/Accu Motor ini dipublish oleh Tirta Hardi Pranata pada hari Saturday, April 9, 2016. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 5 komentar: di postingan Mengganti Baterai UPS dengan AKI/Accu Motor
 

5 komentar:

  1. Klo akinya gandengan ama batre ups bisa gk ?

    ReplyDelete
  2. Klo akinya diatas 45A apa masih mengandalkan charger aki dr bawaan dari UPS tersebut gan...artikelnya klo bisa dilengkapi dengan menuliskan tambahan buat charger external nya.maaf...klo sedikit mengkritik artikel ini.

    ReplyDelete
  3. Maaf mau tanya,
    1.untuk modifikasi ini menggunakan 1 aki 12 volt 55ah dengan penggunaan ups 600 VA sebanyak 11 unit efektif tidak?

    2. Proses carger aki maksimal tidak dengan 11 unit ups?

    Terima kasih

    ReplyDelete
  4. Makasih infonya gan,Titip ini kami membuka berbagai jenis pelatihan kursus komputer dan menerima jasa pembuatan website, aplikasi desktop maupun aplikasi android/IOS, mari kunjungi website kami di http://asianbrilliant.com.
    Kursus Komputer | Jasa Pembuatan Website, Aplikasi Desktop maupun Android/IOS

    ReplyDelete
  5. Saya mau tanya,
    Saya ada PSU 5a BOX (Bukan UPS yah.😊),
    Kata penjual"y Box PSU ini menggunakan batre ups 7.5ah
    Tapi saya ingin tanya apakah bisa pake baterai aki motor, kalo bisa pakai ukuran apa akiNya.?
    Terimakasih sebelumNya.🙏🙂

    ReplyDelete