Merpati Adek

Percakapan antara seorang ayah dan anak, tentang bagaimana cara menjaga, memelihara dan mencintai.

"Yah, adek ingin memelihara merpati."

"Kan kamu belum ada sangkar, nanti merpati nya mau di kadangkan dimana? di kandang ayam.?"

"yaa, enggak lah yah, ntr merpatinya mati dipatuk ayam. beli'in sangkar burung donk yah, buat merpatinya"

"teruss kalau sudah ada sangkar, merpatinyaa mau diapain.?"

"Dimasukin sangkar, dikasi makan"

"gitu aja?"

"Teruss harus gimana lagi, donk..?'

"Kamu gak kasian sama merpatinyaaa? dikurung gitu, cuma dikasi makan doank. teruss cuma kamu lihatin setiap hari"

"heummmm.... "

"Coba adek ayah masukin kamar, terus kamarnya ayah kunci, nanti waktu makan ayah anterin makan, begitu teruss sampai adek tua, adek mau?'

"ya gak mau lah yah, bosenn, ntr adek gak bisa main lagi donk sama bimo, gak bisa nonton lagi donk, gak sekolah."

"Terus kalau merpatinya adek kurung di sangkar, merpatinya bosen gak? ntr merpatinya gak bisa main lagi sama teman-temannya, gak bisa ketemu sama burung-burung yang lain di alam sana."

"Kan dia hewan yah"

"Hewan itu juga makhluk ciptaan Tuhan, sama kayak adek, dia berhak untuk hidup bebas sama kayak adek.'

"Heumm.."

"Meskipun adek punya merpati, terus rajin dikasi makan, tapi kan kasian merpatinya, dia jadi gak bebas untuk terbang, terus apa gunanya sayapnya, kalau gak bisa dibuat terbang? hayooo... Setiap Mahkluk ciptaan Tuhan itu punya cara hidupnya sendiri-sendiri dek, kita, manusia hidup dengan cara manusia, bekerja, makan, minum, bermain, belajar dengan cara dan sama manusia, begitupun hewan, mereka juga tentu ingin hidup dengan caranya sendiri, bermain dengan sesama jenisnya, berterbangan dengan sayap nya. Jadi semua itu hidup dengan cara masing-masing. Gak ada yang bisa ngatur adek hidup harus seperti merpati, atau seperti bimo, adek juga hidup dengan cara adek sendiri, dengan ilmu yang adek dapat dari sekolah, dari ayah, ibu, dan dari mana pun, selama ilmu itu baik untuk kehidupan adek. Ngertii"

"Ngertii yaah,.. Iyaa jugaa sih yah, kasian merpatinya kalau adek pelihara jadi gak bisa terbang. hemm.. ya udah deh gak jadii..Kalau adek minta beli'in mobil-mobilan, apa mesti ada garasinya dulu yah.."

"Hahahaha,,, ya gak gitu juga kalii dek, kalau cuma mobil-mobilan nanti kan bisa disimpan di dalam kardus, atau dimasukin ke kandang ayam,. hehe. tapi  kalau minta mobil-mobilan ntr ajaaa yaa tunggu ayah gajian.."




Penulis : Tirta Hardi Pranata ~ Tukang coret-coret di blog ini ~

Artikel Merpati Adek ini dipublish oleh Tirta Hardi Pranata pada hari Friday, March 14, 2014. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Merpati Adek
 

0 komentar:

Post a Comment