Mengembalikan File Yang telah Terhapus dari Recyclebin

 

Belajar dari pengalaman pribadi dan teman-teman yang merasa di rugikan atau merugikan orang lain dengan menghapus beberapa file2 penting dengan tujuan tidak baik.. nah oleh karena itu sebagai antisipasi kehilangn data itu saya mencoba menginstal tool tertentu untuk mengembalikan data yang secara tidak sengaja ataupun sengaja terhapus dari Recycle Bin.. karena pada dasarnya file yang terhapus dari Harddrive akan ditampung di Recycle Bin dan kita masih bisa mengembalikanya dengan cara merestore file-file itu kembali, namun setelah file dari recycle bin dihapus file akan hilang namun bukan berarti leyap.. kita masih dapat mengembalikan file tersebut dengan bantuan beberapa freeware diantaranya sebagai berikut :

1. UNDELETE PLUS

Undelete Plus adalah sebuah program yang tepat anda butuhkan ketika tiba-tiba anda tidak sengaja menghapus file dan ingin mengembalikannya lagi. Program ini juga dapat mengembalikan file-file yang sudah dikosongkan dari Recycle Bin, file-file yang sudah dihapus secara permanen di Windows menggunakan Shift + Delete dan file-file yang telah dihapus melalui Command Prompt.

Undelete Plus memiliki kemampuan sebagai berikut:

  • Mengembalikan file-file yang terhapus dari hard disk berformat NTFS/NTFS5, FAT12/FAT16/FAT32.
  • Mengembalikan file-file yang terhapus di Windows 2000, Windows XP, Windows 98, Windows ME, Windows NT.

Undelete Plus berjalan untuk sistem operasi Win 95/98/Me/NT/2000/XP/2003. Program ini mendukung semua sistem fiel Windows untuk hard dan floppy drive termasuk FAT12/16/32,NTFS/NTFS5 dan mengembalikan gambar dari CompactFlash, SmartMedia, MultiMedia dan Secure Digital cards.

Untuk saat ini Undelete Plus masih gratis untuk didownload.

Download UNdelete Plus

2. RECUVA

Recuva adalah salah satu tool untuk me-restore file yang telah terhapus. Memiliki interface yang mirip dengan CCleaner serta mudah untuk digunakan dan setelah melakukan pengujian, ampaknya sangat efektif dalam me-restore file yang telah dihapus.

Tetapi untuk setiap file yang dihapus dan ingin di restore, itu tergantung dari berapa lama file tersebut dihapus, karena semakin lama akan sulit untuk di restore dan jika ternyata dapat di restore file tersebut kemungkinan akan rusak. Jadi jika Anda ingin me-restore file yang dihapus, Anda perlu melakukannya secepat mungkin. Semakin Anda menunda, semakin sedikit kesempatan untuk me-restore file tersebut.

Berikut cara kerjanya :

1. Setelah membuka program, pilih drive dimana file tersebut telah dihapus kemudian klik tombol “scan”

2. Recuva kemudian mulai sweeping pada hard drive tertentu mencari file yang dapat di restore.

3. Anda kemudian mendapatkan daftar dari semua file yang Recuva mampu temukan. Recuva akan menampilkan file dengan sistem warna, di mana Anda bisa melihat langsung status dari setiap file. Warna merah berarti file tersebut kemungkinan rusak, kuning berarti file berada dalam kondisi yang sangat buruk namun Anda masih dapat memiliki kesempatan untuk me-restore dan hijau berarti file berada dalam kondisi sangat baik dan Anda bisa mendapatkannya kembali.

4. Jika ada terlalu banyak file atau Anda sedang mencari file tertentu, Anda dapat mem-filternya. Dengan menentukan jenis file atau nama file dalam kolom “filename or path” atau menu drop down untuk menentukan jenis file.

5. Misalnya Anda ingin me-restore 3 file saja, Anda hanya perlu mencentang file tersebut dan klik tombol “recover”.

Download RECUVA

 

3. DISK DIGGER

DiskDigger adalah aplikasi desktop yang melakukan scan sektor-sektor dari media fisik harddisk Anda yang mencari file media baik komplit atau pecahannya.

Tidak seperti tool file recovery lain yang mencari semua file tipe lain, DiskDigger berfokus pada tipe file yang seringkali dihapus dan perlu direcover.

Pada menu options ada pilihan untuk menentukan tipe file yang ingin dicari, termasuk: images (JPEG, PNG, BMP, TIFF, dan GIF), dokumen (DOC dan PDF) dan file multimedia (MPG, MP3, WMV, MOV dan lain-lain).

DiskDigger memiliki preview aktif, mengizinkan Anda untuk melihat file-file yang ditemukan pada proses recovery.

Fitur preview ini sangat berguna saat menscan drive besar, yang dapat memakan waktu lama. Memerlukan 2 jam untuk scan full harddisk 120 GB dan 10 menit untuk SD Card 2GB. Satu dari banyak hal menarik dari deep scan adalah banyaknya images yang belum ditumpukin, misalkan menemukan file 1 tahun lalu.
Foto tersebut menempati sektor yang tidak tersentuh selama itu dan dapat dipulihkan secara full.

Anda dapat mendownload :
http://dmitrybrant.com/files/diskdigger.zip

Penulis : Frans Si Kenarok ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Mengembalikan File Yang telah Terhapus dari Recyclebin ini dipublish oleh Frans Si Kenarok pada hari Sunday, February 6, 2011. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 9 komentar: di postingan Mengembalikan File Yang telah Terhapus dari Recyclebin
 
Reaksi: 

9 komentar:

  1. thanks 4 the tips ...

    ReplyDelete
  2. thaks 4 your tips,,

    ReplyDelete
  3. Mantap mas,,, akhirnya file ku bisa di restore. thanks ya

    ReplyDelete
  4. Thx y Masbroo, izin sedot y gan!....

    ReplyDelete
  5. Mohonn solusinya...Mengapa program disk diggernya setelah selesai didownload, tidak bisa diintal..? (selalu muncul coment " The application failed to initialize properly (0xc0000135). Click on OK to terminate the application)

    ReplyDelete
  6. Mohonn solusinya...Mengapa program disk diggernya setelah selesai didownload, tidak bisa diintal..? (selalu muncul coment " The application failed to initialize properly (0xc0000135). Click on OK to terminate the application)

    ReplyDelete