Cache Memmory

Ketika saya di tanya oleh teman saya, bagaimana sih memilih komputer yang bagus.? ya saya jawab, lihat aja dari spesifikasi hardwarenya.. dan teman saya kembali bertanya, hardware yang bagus itu gmn?

secara simpel saya katakan, lihatlah spesifikasi hardware dari komputer yang anda ingin anda beli, dan carilah yang sesuai dengan kebutuhan anda, artinya, percuma kalau komputer bertenaga super tapi hanya di pakai layaknya mesik TIK manual. ya. kan? begitu juga sebaliknya, komputer berspesifikasi mesin TIK manual tidak akan bisa mengerjakan dengan program yang berat, contohnya saja Photoshop, Adobe Primere, dll.. kenapa? karena program-program tersebut merupakan program yang membutuhkan RAM dan hardisk kelas menengah, karena membutuhkan space yang cukup kosong, dan proses yang cepat.

Namun kali ini saya tidak akan menjelaskan tentang spesifikasi seluruhnya mengenai komputer, tapi saya sudah memostingkan cara memilih lapto dan komputer semoga bisa sedikit membantu,

Saya akan menjeaskan mengenai MEMMORY Cache,

Cache adalah mekanisme penyimpanan data sekunder dengan kecepatan tingi yang digunakan untuk penyimpanan data atau intruksi yang sering diakses dua jenis Cache yang sering digunakan dalam dunia komputer adalah memmory caching dan disk caching. Implementasi Memmory caching sering disebut dengan cache memmory dan tersusun dari memori komputer jenias SDRAM yang berkecepatan tinggi. sedangkan Implementasi disk caching menggunkan sebagian dari memmori komputer.

Cache memori ada tiga level yaitu L1,L2 dan L3. Cache memori level 1 (L1) adalah cache memori yang terletak dalam prosesor (cache internal). Cache ini memiliki kecepatan akses paling tinggi dan harganya paling mahal. Ukuran memori berkembang mulai dari 8Kb, 64Kb dan 128Kb.Cache level 2 (L2) memiliki kapasitas yang lebih besar yaitu berkisar antara 256Kb sampai dengan 2Mb. Namun cache L2 ini memiliki kecepatan yang lebih rendah dari cache L1. Cache L2 terletak terpisah dengan prosesor atau disebut dengan cache eksternal. Sedangkan cache level 3 hanya dimiliki oleh prosesor yang memiliki unit lebih dari satu misalnya dualcore dan quadcore. Fungsinya adalah untuk mengontrol data yang masuk dari cache L2 dari masing-masing inti prosesor.

ini beberapa laptop dengan spesifikasi cachenya

HP Compaq Presario CQ41-176TX
Rp 6.900.000
Intel Core i5-430M-2.26Ghz (3Mb L2 Cache,1066MHz FSB)4 Gb ddr3,500Gb Hdd,14.1inchWide Bright View,DVD+RW DL,Bluetooth,Wifi,Modem,Lan,Card Reader,Webcam,Ati radeon HD 5430-512Mb,Dos,Weight,2.29 kg

 

Toshiba Libreto W100-1002U Rp 12.800.000
Intel pentium processot U5400 (1.2GHz,3MB L3 Cache, 800MHz FSB), 2048MB DDR3, 62GB solit state drive, Dual 7inch WSVGA clear super view multi-touch LED, Intel HD Graphics, up to 729Mb total available graphics memory, wifi IEEE 802.11bgn, bluetooth V 2.1 EDR, 1.0 MP HD Webcam with mic, micro sd reader, 8-call lithium ion battery, genuine windows 7 home premium, one year international waranty.

Penulis : Tirta Hardi Pranata ~ Tukang coret-coret di blog ini ~

Artikel Cache Memmory ini dipublish oleh Tirta Hardi Pranata pada hari Wednesday, December 29, 2010. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 1komentar: di postingan Cache Memmory
 

1 komentar:

  1. mantap bagt website u fran...
    ox bagan mana cara mngati alamat bolgspot. jadi .co.id atw .com?

    n satu lagi di jogjatu ape bae,, pelajaran IT nye?

    ReplyDelete