TEKNIK SUBNETTING

ComputerComputerComputerComputerComputerComputerComputerComputerComputerComputerComputerComputerComputerComputerComputerComputer

Subnetting adalah sebuah teknik yang mengizinkan para administrator jaringan untuk memanfaatkan 32 bit IP address yang tersedia dengan lebih efisien. Teknik subnetting membuat skala jaringan lebih luas dan tidak dibatas oleh kelas-kelas IP (IP Classes) A, B, dan C yang sudah diatur. Dengan subnetting, anda bisa membuat network dengan batasan host yang lebih realistis sesuai kebutuhan.Subnetting menyediakan cara yang lebih fleksibel untuk menentukan bagian mana dari sebuah 32 bit IP adddress yang mewakili netword ID dan bagian mana yang mewakili host ID.

 

Subnets

Subnet adalah network yang berada di dalam sebuah network lain (Class A, B, dan C). Subnets dibuat menggunakan satu atau lebih bit-bit di dalam host Class A, B, atau C untuk memperlebar network ID. Jika standar network ID adalah 8, 16, dan 24 bit, maka subnet bisa memiliki panjang network ID yang berbeda-beda.

 

Alasan utama melakukan subnetting:

1. Mengalokasikan IP address yang terbatas supaya lebih efisien. Jika internet terbatas oleh alamat-alamat di kelas A, B, dan C, tiap network akan memliki 254, 65.000, atau 16 juta IP address untuk host devicenya. Walaupun terdapat banyak network dengan jumlah host lebih dari 254, namun hanya sedikit network (kalau tidak mau dibilang ada) yang memiliki host sebanyak 65.000 atau 16 juta. Dan network yang memiliki lebih dari 254 device akan membutuhkan alokasi kelas B dan mungkin akan menghamburkan percuma sekitar 10 ribuan IP address.

2. Alasan kedua adalah, walaupun sebuah organisasi memiliki ribuan host device, mengoperasikan semua device tersebut di dalam network ID yang sama akan memperlambat network. Cara TCP/IP bekerja mengatur agar semua komputer dengan network ID yang sama harus berada di physical network yang sama juga. Physical network memiliki domain broadcast yang sama, yang berarti sebuah medium network harus membawa semua traffic untuk network. Karena alasan kinerja, network biasanya disegmentasikan ke dalam domain broadcast yang lebih kecil – bahkan lebih kecil – dari Class C address.

Fungsi SUBNETTING

Kalo dilihat hasil dari sebuah subnetting, adalah sebuah jaringan yang lebih kecil (lebih sedikit menampung jumlah host) dan dari sebuah jaringan besar kita bisa membuat beberapa jaringan kecil yang terpisah. Dari hasil itulah kita bisa mengambil kesimpulan untuk 3 fungsi utama dari subnetting:

1. Mengurangi ukuran broadcast domain (tentu bisa mengurangi penyebaran virus)

2. Memudahkan administrasi jaringan

3. Untuk membagi blok – blok subnet agar valid

 

Perhitungan Subnetting >>

Penulis : Tirta Hardi Pranata ~ Tukang coret-coret di blog ini ~

Artikel TEKNIK SUBNETTING ini dipublish oleh Tirta Hardi Pranata pada hari Friday, April 8, 2011. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan TEKNIK SUBNETTING
 

0 komentar:

Post a Comment