MEDIA TRANSMISI

________________________________________________________________

A. MEDIA TRANSMISI

Media transmisi adalah yang digunakan untuk mengirim data pada jaringan. Data itu sendiri di transmisikan dalam bentuk yang berbeda-beda sesuai dengan media transmisinya. Untuk media transmisi kabel, data akan diubah menjadi daya listrik. Pada media transmisi tanpa kabel, data diubah menjadi gelombang. Sedangkan pada fiber optik, meski media transmisi yang tergolong media berwujud kabel namun data yang di transmisikan dalam betuk cahaya sehingga kecepatan sangaat tinggi.

Kabel merupakan media transmisi yang paling umum digunakan. Contoh kabel yang umum digunakanan sebagai media transmisi pengiriman data pada jaringan adalah kabel twisted-pair, kabel coaxial dan serat optik.

Kabel Twisted-pair

Kabel twisted-pair memiliki beberapa jenis utama yaitu shielded (berselimut) biasa disebut STP dan unshielded (tidak memiliki selimut) biasa disebut UTP. Untuk UTP terdapat pula pembagian jenis yakni:

 

image

Kategori 1: Sifatnya mampu mentransmisikan data kecepatan rendah. Contoh: kabel telepon.

Kategori 2: Sifatnya mampu mentransmisikan data lebih cepat dibanding category 1 dapat digunakan untuk transmisi digital dengan bandwidth hingga 4 MHz.

Kategori 3: Mampu mentransmisikan data hingga 16 MHz.

Kategori 4: Mampu mentransmisikan data hingga 20 MHz.

Kategori 5: Digunakan untuk transmisi data yang memerlukan bandwidth hingga 100 MHz.

Kabel Coaxial

Kabel coaxial mampu mengangkut sinyal frekuensi yang lebih tinggi daripada kabel twistedpair.

Serat Optik

Serat optik terbuat dari material gelas atau plastik dan mampu mentransmisikan sinyal dalam bentuk cahaya.

Saat ini ada beberapa grade, atau kategori dari kabel twisted pair. Kategori 5 adalah yang paling reliable dan memiliki kompabilitas yang tinggi, dan yang paling disarankan. Berjalan baik pada 10Mbps dan Fast Ethernet (100Mbps). Kabel kategori 5 dapat dibuat straight atau cross.

 

B. JENIS PEMASANGAN KABEL UTP

Ada 3 jenis pemasangan kabel UTP yang umum digunakan yaitu Stright, cross dan rollever :

1. Tipe Straight

Tipe ini digunakan untuk menghubungkan perangkat jaringan yang berbeda jenis, seperti komputer ke hub, komputer ke switch, hub ke routers.

2. Tipe Cross

Tipe ini digunakan untuk menghubungkan perangkat jaringan yang sama jenis. Seperti komputer ke komputer, laptop ke laptop, hub ke hub, hub ke switch, laptop ke komputer.

3. Roollover

Tipe ini merupakan pengkabelan khusus. Misalnya untuk menghubungkan antar switch. Pada umumnya digunakan untuk mengkonsole router dari terminal komputer ke router console port.

Penulis : Tirta Hardi Pranata ~ Tukang coret-coret di blog ini ~

Artikel MEDIA TRANSMISI ini dipublish oleh Tirta Hardi Pranata pada hari Friday, April 29, 2011. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 2 komentar: di postingan MEDIA TRANSMISI
 

2 komentar:

  1. maaf kawan numpang share blog ane http://obitblogtik.blogspot.de/2012/03/media-transmisi.html . makasih gan.. hehehe

    ReplyDelete