Tutup muka,.. :# (emotnya gimana yaa) hahaha.. Sedikit malu, tapi tak apalah karena seseorang telah mengetuk pola pikir yang terkunci di ruang kotak ini. Menyadarkan bahwa “someone can write something of what you are thinking, but why you can not write it for yourself” Bukankah menulis adalah bekerja untuk keabadian, setidaknya begitu kara Pramoedya Ananta Toer. dan “rawatlah ilmumu dengan menuliskannya” kata Dyah Fajar. NR.
Terimakasih buat calon Ibu yang udah “nimpuk” kepala saya lewat secuil artikelnya, yang secara tidak langsung mengingatkan saya untuk buat dokumentasi tentang masa terakhir jadi Mahasiswa S1 (niup debu di diary), dan semoga bisa mengikuti jejak beliau ke S.2. Aamiin.
Sebelum pertanyaan saya ke beliau ini dimuat lagi di blognya, mending saya muat dulu di blog ini aja. Setelah saya tau fungsi \n itu adalah untuk menurunkan karakter ke baris baru di String.xml nya ADT, saya bertanya lagi pada beliau mengapa muncul pesan error “android.graphic.BitmapFactory” ini di LogCat ADT saya, meskipun dicodingnya tidak ditemukan kesalahan. Intinyaaa. artikel kali ini saya akan sedikit mengetik tentang logcat disini. #Please Scroll Down!!
LOGCAT
Logcat itu adalah ……. #apa yaaa..?? emmm mungkin semacam tools yang digunakan untuk menampilkan kesalahan yang terjadi pada coding sehingga menyebakan aplikasi mengalami “The application has stopped unexpectedly. Please try again””. yang sangat menyebalkan sekali…
Jika teman-teman sekalian membuat aplikasi Android di ADT atau Eclipse ketika di run muncul “The application has stopped unexpectedly. Please try again” dan sejenisnya, tetapi di codingnya tidak di temukan tanda-tanda kesalahan. maka perhatikan lah logcat nya. bisanya logcat berada di bawah tampilan coding temen-temen tapi kalau gak nemu silahkan ke window > show view > other > Logcat…
Contoh kasus… ini adalah tampilan error Logcat saya.. ketika membuat aplikasi gallery..
dapat di lihat beberapa baris bagian atas mulai dari Fatal EXCEPTION ada error berupa…. #baca sendiri.. disitu tertulis
java.lang OutOfMemmoryError
android.graphic.BitmapFactory.
Dll
Berhubung saya newbie, saya butuh waktu lama untuk bereksperimen memahami maksud kalimat tersebut. 3 hari kemudian baru saya menemukan jawabanya setelah melakukan percobaan2 kecil. mulai dari mengubah coding, copy paste coding, dan ternyata masalahnya adalah ukuran pixel dari gambar yang saya masukan di folder drawable.
Gambar yang saya masukan ke forlder drawable memeliki ukuran pixel yang lebih besar dari pada yang saya inputkan di coding #lihat gambar bawah yang saya blog. disitu tertera 150, 120. yang artinya aplikai dapat memuat gambar yang memiliki ukuran 150x120 pixel atau lebih kecil, jika gambar melebihi ukuran teresbut maka aplikasi akan secara otomatis “The application has stopped unexpectedly. Please try again””
dan di LOGCAT akan ada baris yang memuat “java.lang.OutOfMemmoryError” baris itu ada karena disebabkan kita memasukkan nilai di luar jangkauan tipe variabel.
kasus diatas hanyalah satu dari ribuan banyak kesalahan yang dapat terjadi, dan banyak lagi pesan error yang logcat sampaikan. lain pesan lain pula cara menyelesaikannyaa dan kesalahan itu mungkin saja saya alami tapi tidak mungkin juga semua saya selesaikan. Soo…!! teruslah berusaha, kalau para master bisa menyelesaikan masalah seperti ini 1 menit saya tiga hari. baru saya mengerti.. hahah
itu saja dulu, ntr kalau ada error lagi dan saya nemu solusi nya saya kabarin lagi.. hehe.
Remarkable! Its truly amazing piece of writing, I have got much clear idea regarding from this piece of writing.
ReplyDeleteFeel free to surf to my blog - short term rentals