Penyebab Komputer Atau Laptop Sering Restart

Berawal dari lepatop teman saya satu kos yang bermasalah, karena sering restart sendiri. saya pun mencoba mencari tahu apa penyebabnya, kebetulan nemu neh artikel dari sahabat sesama blogger.

service komputerJika komputer anda tiba-tiba mati sendiri atau restart, itu soal biasa bahkan hal seperti itu bisa tejadi pada komputer baru atau baru saja di instal atau bahkan komputer baru beli.


Lalu pertanyaannya Bagaimana cara mengatasi komputer yang sering restart sendiri secara terus menerus? Saya akan coba membahas masalah tersebut dan memberikan solusinya semoga saja dapat bermanfaat.

Restart saat Booting Windows.

Jika resrat saat booting windows, hal ini lebih disebabkan karena kerusakan pada system start up, istilahnya file corrupt pada windows, atau memory yang anda pakai kurang besar / rusak. Solusi : Jika rusak windows maka anda harus instalasi ulang / meng install windows lagi. Ingat !!! terkadang hal ini juga karena memory, saat windows restart maka CPU / Processor akan bekerja sangat kencang, jika memory tidak menunjang maka akan terjadi restart.

Restart saat Menjalankan Program / Main Games ( Low / Bad Memory )

Saat anda menjalankan aplikasi yang besarnya tidak sesuai dengan spesifikasi PC komputer anda maka akan terjadi restart, Low Memory yang biasa menjadi penyebab nya. Misalkan anda main games yang besar dan anda menjalankan Multi Tasking misalnya main games dan membuka program – program yang lainnya yang menyebabkan memory anda bekerja ekstra keras, termasuk anti virus, anti virus akan memakan source komputer anda lumayan banyak dan terkadanf komputer anda akan menjadi berat. Solusi tambah kapasitas Memory. Ingat !!! Bad Memory juga menyebabkan komputer sering Blue Screen dan restart.

CPU / Processor Panas

CPU / Processor yang terlalu panas dapat menyebabkan komputer restart, cek suhu CPU anda pada sistem BIOS, suhu normal berkisar antara 45º – 55º , jika ini yang menjadi penyebabnya Solusi : Lepas CPU / Processor , bersihkan berikan Thermal Pasta / Pasta Pendingin CPU, lihat kipas / fan nya, kalo perlu ganti yang bagus, jangan yang bertuliskan Made in China atau yang harganya 30 ribu-an.

Program Crash / Virus-Malware

Banyak program yang memakan source komputer terlalu besar, saya sarankan sesuaikan program yang anda install dengan spesifikasi komputer anda, Virus juga sering mengambil sumber daya komputer yang besar tanpa kita sadari, Solusi , Ganti komputer lama anda dengan komputer yang mumpuni dan pasanglah Anti virus.

Hal – hal diatas ialah penyebab yang paling sering membuat komputer anda restart, saya sarankan memeriksa dan mecoba langkah – langkah diatas.

Dibawah ini cara memperbaiki komputer selalu restart sendiri dan penyebabnya:

  1. Periksa tegangan listrik dirumah atau tempat anda, matikan lampu yang tidak anda gunakan dirumah sbelum menghidupkan komputer, kemungkinan komputer anda restart karena tegangan listrik yang tidak stabil.
  2. Perikasa pin power suply anda yang tertancap ke motherbord, perhatikan apa ada yang hangus ? jika ya, ada kemungkinan listrik sering tidak stabil atau sudah lama tidak mengganti power suply. cara mengatasi gunakan stavolt (kalo bisa beli yang pake motor) tapi kalo hangusnya parah ganti power suply saja agar tidak merusak motherbord dan hardware lainnya. Kalau hangusnya tidak begitu parah/tidak gosong banget masih bisa digunakan dalam beberapa hari tapi pastikan untuk diganti saja kapan-kapan hari.
  3. Bersihkan memory (RAM) , gunakan karet penghapus dan bersihkan slot memory menggunakan kuas, kalau tidak ada kuas pake sikat gigi gak apa2 jangan yang basah.
  4. Periksa elcho di motherbord apa ada yang sudah melendung ? jika tidak, untuk sementara masih aman. Setelah semua langkah diatas anda lakukan coba hidupkan komputer anda. Jika masih restart…
  5. Perikasa prosessor, bersihkan pendinginnya dan perikasa kipasnya apa berputar normal atau masih kenceng? Jika masih kelihatan normal lanjut cara berikutnya jika komputer anda masih restart
  6. Jika waktu komputer akan restart bertahan 10 menit tidak secara tiba-tiba, coba instal segera pembersih registry (Ccleaner) lalu scan komputer anda kemungkinan ada system yang bermasalah atau cookie yang ada dikomputer anda. Jika masih restart juga
  7. Hapus program flash player atau program firfox yang yang terinstal di komputer anda jika anda sebelumnya menggunakan internet, kemungkinan saja program tersebut mengalami crash, jika masih brmasalah juga
  8. Jalan terakhir instal ulang komputer anda

Cara terakhir ini biasanya cara paling malas dilakukan apalagi sudah banyak file yang kita simpan di bagian document, terlebih jika sebelumnya menggunakan internet dan banyak file bookmark dibrowser yang kita simpan tapi bisa di backup, cara membackup file bookmark akibat firefox sering cash.

Kesimpulan : Jika langkah terakhir ini sudah anda lakukan (instal ulang) komputer masih tetap restart berarti masalah ada pada hardware dan yang paling umum kerusakan pada memory (RAM). Momory yang rusak tidak berarti komputer tidak hidup, komputer tetap hidup Cuma memory yang lemah bisa menjadi salah satu penyebab komputer sering restart.

 

<<Semoga bermanfaat>>

 

Sumber :

> cantiknya-ilmu.co.cc > glatika.com

> sman1giri.sch.id

Penulis : Tirta Hardi Pranata ~ Tukang coret-coret di blog ini ~

Artikel Penyebab Komputer Atau Laptop Sering Restart ini dipublish oleh Tirta Hardi Pranata pada hari Sunday, May 29, 2011. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 1komentar: di postingan Penyebab Komputer Atau Laptop Sering Restart
 

1 komentar:

  1. Saya tidak menemukan dimanapun artikel yang membantu
    Laptop baru saya restart setelah 20 detik
    Karena virus
    Dan saya tidak bisa install antivirus dalam waktu 20 detik
    Bagaimana mengatasi tanpa install ulang?

    ReplyDelete