Merubah Subtitle bahasa Inggris

Hobi saya nonton, namun terkadang ada film yang lagi keren namun gak ada subtitle bahasa Indonesianya, padahal bahasa Inggris saya pas-pasan, jadi sering gak ngerti ma apa yang di bicarakan aktor n aktrisnya..  makanya saya kepikiran untuk merubah subtitle bahasa Inggris ke bahasa Indonesia,.. eh ternyata temen-temen blogger ada yang punya postinganya, saya coba aja.. hehe

Sebenarnya ada banyak cara yang bisa di lakukan untuk merubah Subtitle bahasa Inggris menjadi bahasa Indonesia, namun dari banyak cara yang saya coba saya menyimpulkan kedua cara inilah yang patut anda coba..

 
cara yang pertama yaitu cara yang tanpa bantuan aplikasi lain, namun butuh bantuan google translete.

  1. Ubah ekstensi file subtitle nya dari *.srt ke *.txt sehingga file subtitle tersebut menjadi file teks biasa.
  2. Buka Google Translate, kemudian klik 'Upload a document' dan klik 'Browse'.
  3. Cari subtitle yang akan di translate.
  4. Klik Translate (English to Indonesian)
  5. Ulangi langkah 6,7,8 pada Cara Pertama diatas.
  6. Ubah lagi ekstensi file nya dari *.txt ke *.srt.

cara kedua dengan bantuan aplikasi Subtitle Edit, Aplikasi ini bisa di unduh gratis, dan sebenarnya juga bisa langsung mentranslete Subtitile sesuai dengan bahasa yang di inginkan, namun sayang gak gratis lho.. jika kamu gratis ya, kita minta bantuan google translete lagi untuk menerjemahakan bahasanhya.

Caranya menggunakanya adalah :

  • Jalankan Subtitle edit.
  • setelah terbuka jendela Subtitle Edit , kita buka subtitle yang akan kita edit:

image

  • Buka subtitle yang akan di edit dengan Subtitle Edit.
  • Pilih tab 'Source View' lalu tekan CTRL+A (Select All).
  • Buka Google Translate, pastikan Translate From : English | Translate Into : Indonesian.
  • Paste hasil dari meng-copy tadi atau tekan CTRL+V (Paste) pada kotak yang disediakan Google Translate.
  • Tunggu beberapa saat lalu tekan 'Translate'. Jika masih ada teks yang belum ter-translate, reload/refresh sampai semua teks berubah menjadi bahasa indonesia.
  • Copy hasil dari translate tersebut ke tab 'Source View' pada Subtitle Edit yang terbuka tadi. Tekan CTRL+A terlebih dahulu, baru kemudian tekan CTRL+V untuk mem-paste-nya.
  • Lalu klik tab 'List View' untuk melihat hasilnya. Jika berhasil teks nya akan berubah menjadi bahasa Indonesia. Jangan lupa tekan CTRL+S (Save) atau SAVE AS juga gak masalah..

nah silahkan dicoba kalau berhasil kan lumayan, gak perlu repot-repot nyediakan kamus waktu nonton film Hollywood.. hehehe semoga berhasil Punch

Download SUBTITLE EDIT 3.0

Penulis : Franz Si KenArok ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Merubah Subtitle bahasa Inggris ini dipublish oleh Franz Si KenArok pada hari Thursday, May 5, 2011. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Merubah Subtitle bahasa Inggris
 
Reaksi: 

0 komentar:

Post a Comment