ISLAM.???

Beberapa hari terakhir aku membaca bukunya Irshad Manji “Allah, Liberty & Love”, dapet dari temen sih walaupun dalam bentuk soft copy tapi lumayanlah. Karena sempat muter-muter tapi gak ketemu dengan nih buku. gak tau sekarang udah ada apa belum, (Belum ngecek ke toko buku lagi). Beberapa pertanyaan mulai muncul di antaranya tentang pengelompokan ajaran Islam, ada yang mengelompokan Islam Moderat da nada juga yang mengelompokan Islam Liberal, masih banyak lagi termasuk Islam garis keras dan sebagainya.

 

Oleh karena itu yaa aku mencoba berselancar dan mencari tahu apa itu Islam Moderat, Islam Liberal dan lain-lain. Bukan maksud tertntu hanya sekedar ingin tahu saja. Gak ada salahnya kan. ?

 

Sekilas yang aku dapat dari pencaharian ku. Yang dapat aku bagikan :D

ISLAM Liberal adalah kelompok yang tetap mengaku sebagai pemeluk Islam, namun tidak bersedia diikat oleh peraturan syari'at agama Islam yang telah baku dan telah menjadi standar hukum di kalangan masyarakat Islam. Kelompok Liberal ini dalam status penolakannya terhadap syari'at Islam bertingkat-tingkat. Adapun yang tergolong kelompok ini antara lain adalah kaum Sekularis, Nasionalis, Pluralis, dan Liberalis. Kelompok ini, pada dasarnya adalah lebih menuhankan akal fikiran dan hawa nafsunya dibanding ketaatan dan ketundukannya kepada syari'at Islam secara utuh.


Islam Moderat, mengistilahkan dengan kelompok konsisten sebagai terjemahan dari istilah istiqomah, ini jika yang dimaksud adalah umat Islam yang masih konsisten berpegang teguh terhadap ajaran syari'at Islam dalam pemahaman ulama salaf Ahlus Sunnah wal Jamaah. Karena jika disebut dengan istilah kaum Moderat (meminjam istilah panitia KULJUM Sarang) dewasa ini, maka akan dipahami oleh masyarakat awam lebih berorientasi kepada kelompok Liberal. Karena arti moderat, kini bergeser kepada arti lelompok yang dapat menerima hal-hal di luar konteks syari'at, termasuk dapat menerima segala macam aliran pemikiran bahkan menerima prilaku dan ritual non Muslim.

Sumber : D. Rien. Makasih yaa mbk penjelasanya.. ^^


Tapi beberapa dari beberapa sumber yang lain disebut kan bahwa islam liberal, moderat, garis keras, konservatif dsb itu hanyalah label yang diterapkan oleh orang Barat kepada orang ( organisasi ) Islam. Ada pula Islam Konsisten yang mayoritas umat Islam yang masih mengikuti ajaran syari'at yang telah diterima secara estafet dengan panduan kitab yang standar yang diterima secara estafet pula dari para ulama dan orang tua, dari generasi pendahulunya.

Nah. Mungkin Cuma itu yang dapat saya bagikan, semoga bermanfaat bagi kita semua.


“Apapun yang kamu lakukan, jangan sampai membuat Allah marah”

Penulis : Tirta Hardi Pranata ~ Tukang coret-coret di blog ini ~

Artikel ISLAM.??? ini dipublish oleh Tirta Hardi Pranata pada hari Monday, May 14, 2012. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan ISLAM.???
 

0 komentar:

Post a Comment